Selasa, 04 Oktober 2011

PERAN AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI USAHA KECIL DAN MENENGAH

Ciri Karakteristik dan Kendala UKM
Usaha Kecil Menengah (UKM) ditenggara memiliki kemampuan bertahan ketika badai krisis ekonomi global melanada kawasan Asia tahun 1997, demikian pula ketika menghadapi badai krisis global tahun 2008 yang telah merusak sendi-sendi perekonomian dunia terutama kawasan Amerika, Eropa, Australia dan sebagian kawasan Asia. Usaha Kecil Menengah (UKM) lebih mampu bertahan daripada usaha-usaha berskala besar, karena sifatnya yang fleksibel, lebih kompak dan mudah menyesuaikan diri dalam berbagai situasi.

Ciri Usaha Kecil Menengah
1.      Merupakan usaha keluarga
2.      Home Industry
3.      Jarang yang memiliki struktur organisasi, karena biasanya segalanya dikerjakan sendiri.
4.      Tidak memiliki catatan pembukuan yang standar
5.      Jarang memiliki rencana usaha yang tertulis.

Karakteristik Usaha Kecil Menengah
1.      Usaha dimulai dengan coba-coba
2.      Cepat puas dengan kondisi yang ada
3.      Sulit berkembang karena permodalan yang terbatas
4.      Mudah menyesuaikan diri dengan keadaan
5.      Bergerak lincah karena jalur birokrasi relative lebih singkat.

Kendala-kendala Usaha Kecil Menengah
-          Kendala Bidang Produksi
1.      Lemahnya manajemen produksi sehingga produksi kurang efisien
2.      Kontrol kualitas kurang konsisten
3.      Tidak punya standar kualitas yang pasti, sehingga produk tidak punya standar kualitas yang tetap.
4.      Hampir tidak punya layanan purna jual
-          Kendala Bidang Permodalan
Sulit melakukan akses kepermodalan, karena :
1.      Agunan yang terbatas
2.      Pembukuan tidak standar
3.      tidak memiliki rencana usaha yang tertulis (business plan)
-          Kendala Bidang Pemasaran
1.      Tidak memiliki anggaran khusus untuk promosi
2.      Kurang mampu memanfaatkan teknologi informasi
3.      Pengetahuan tentang pasar relatif rendah
4.      Akses ke pasar seadanya, sehingga akses pemasaran tidak tergarap dengan baik.
Usaha kecil menengah merupakan potensi yang masih perlu digali sehingga menjadi usaha yang berjalan dengan profesional. Perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk perguruan tinggi untuk meningkatkan profesionalisme UKM. UKM hendaknya tidak dijadikan objek semata tetappi harus dipandang sebagai subjek yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi baik tingkat daerah maupun nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan